Thursday, September 12, 2013

Festival Musik "Gaung Garuda 2013" di Hannover

Gaung Garusa
Perhimpunan Pelajar Indonesia  (PPI) dan kelompok masyarakat pencinta seni budaya Indonesia di Hannover dengan dukungan KJRI Hamburg baru-baru ini telah menyelenggarakan acara festival musik bertajuk “Gaung Garuda 2013“  bertempat di  Pelataran Parkir Sam-Nok, Hannover.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ini bertujuan untuk membangkitkan semangat, kreatifitas dan kecintaan para pemuda, mahasiswa, dan masyarakat Indonesia di Jerman terhadap kesenian, utamanya seni musik yang merupakan bahasa global yang dapat dimengerti oleh semua orang serta dapat menjadi perekat antara satu bangsa dengan bangsa lainnya.  Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini, yaitu :  “Berbagi Antara Kita Sesama Manusia dan Kita dengan Alam”

Festival terbuka untuk umum dan diikuti oleh 12 kelompok musik yang terdiri dari para pelajar, penggemar dan pelaku musik, terutama para pelajar  Indonesia yang tengah menempuh studi di Jerman. Kebudayaan Indonesia di bidang seni seperti tari-tarian, musik tradisional dan kesenian rakyat lainnya juga dipertunjukkan dalam acara ini, dan hadir sebagai bintang tamu (guest star), yaitu Ayu Laksmi, seorang penyanyi, penulis lagu, penari, pelakon film dan teater asal Bali yang sempat dikenal sebagai lady rocker di awal tahun 90-an.

Kegiatan yang cukup besar ini dibuka secara resmi oleh Konjen RI Hamburg yang dalam sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PPI dan kelompok masyarakat pencinta seni budaya Indonesia di Hannover atas upayanya untuk menyelenggarakan acara festival musik yang merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh para pemuda dan pelajar Indonesia di wilayah Jerman Utara, dan diikuti oleh jumlah peserta dan pengunjung yang cukup banyak dari berbagai pelosok kota.

Konjen RI menyambut baik kegiatan ini karena dinilai memiliki tujuan yang sangat positif, yakni tidak hanya sebagai wahana untuk bersilaturahmi dan berkenalan antar sesama pelajar Indonesia di Jerman, namun juga sebagai  ajang untuk mengekspresikan kreativitas serta mempromosikan seni budaya Indonesia yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan citra Indonesia di wilayah kerja.

Sesuai dengan tema kegiatan, yakni : “Berbagi Antara Kita Sesama Manusia dan Kita dengan Alam”, Konjen RI berharap bahwa kegiatan ini  dapat menumbuhkan kecintaan dan kepedulian kita dengan sesama manusia, termasuksaudara-saudara kita yang sedang mengalami kesusahan di Timur Tengah agar dapat hidup tenteram dan damai kembali. Demikian pula kecintaan kita terhadap alam tumbuh terus dengan turut memelihara kelestariannya.

Sebelumnya acara diawali oleh penampilan Tari Pendet (tari penyambutan tamu) yang dibawakan oleh seorang penari profesional  yang didatangkan langsung dari Bali, dan Tari Liko Pulo yang dibawakan oleh kelompok mahasiswa dari Göttingen.  Selanjutnya acara diisi dengan penampilan 12 kelompok musik dari beragam aliran (genre) mulai dari musik tradisional, musik klasik, hip-hop, pop-rock, hingga musik cadas (hardrock).

Selain penampilan seni tari dan musik, acara juga disemarakkan oleh bazar kuliner / makanan khas Indonesia, barang-barang kerajinan tangan, dan industri peralatan rumah tangga yang disajikan baik oleh PPI dan masyarakat Indonesia, maupun masyarakat Jerman di Hannover.  Acara yang berlangsung mulai pukul 14:00 hingga pukul 01:00 dini hari ini berhasil menyedot pengunjung sebanyak lebih dari 750 orang yang datang silih bergantian dari wilayah Niedersachsen dan sekitarnya.

Festival Musik “Gaung Garuda” merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali oleh PPI Hannover dengan dukungan Perwakilan RI di Jerman. Kegiatan perdana diselenggarakan pada bulan Juni 2011 dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang berlangsung sukses dengan jumlah peserta 13 kelompok musik  dan pengunjung sekitar 500 orang. Hadir sebagai bintang tamu (guest star) saat itu, yaitu  Balawan and The Batuan Ethnic Fusion, seorang gitaris kenamaan dari Bali yang dikenal dengan julukan “Dewa Gitar”  dan saat ini namanya tengah berkibar di pelataran musik nasional dan internasional.   Garuda sendiri adalah lambang negara Indonesia, dan melalui kegiatan ini diharapkan suara Indonesia bergaung hingga ke negeri Jerman.  (Sumber: KJRI Hamburg)

No comments:

Post a Comment